Bagaimana memilih Web Hosting yang Tepat?

Banyak orang membuat website untuk penggunaan pribadi maupun untuk bisnis. Apapun tujuannya, setiap kali Anda membuat website, Anda harus memiliki layanan web hosting.
Lalu bagaimana memilih web hosting yang tepat, yang sesuai dengan kebutuhan web kita?.

Artikel ini akan menjelaskan Anda tentang bagaimana untuk memilih penyedia layanan web hosting dan faktor-faktor apa yang harus di pertimbangkan.

  • Tentukan kebutuhan Disk Space. Untuk situs kecil, 250 MB sudah cukup tetapi jika Anda membuat website untuk perusahaan besar yang akan memiliki sejumlah konten atau video, gambar, map dll yang besar pilihlah web hosting dengan ruang penyimpanan yang lebih lebih besar.
  • Periksa Bandwidth untuk kapasitas transfer data. Bandwidth yang lebih akan berarti bahwa situs Anda memiliki kecepatan yang baik dan pengguna tidak akan menghadapi masalah saat browsing melalui website Anda. Sebagian besar penyedia layanan web hosting memberikan transfer data terbatas.
  • Cari Technical Support yang bagus. Web host Anda harus memberikan dukungan teknis setiap kali situs Anda menghadapi masalah. Pastikan, ada dukungan pelanggan yang dapat diandalkan ketika Anda memilih web host.
  • Tanyakan akses Cpanel. Cpanel atau control panel adalah di mana Anda dapat menangani hal-hal seperti menambah, menghapus, dan mengelola file website atau alamat email Anda, mengubah password dan pemeliharaan lainnya. pastikan, Anda mendapatkan akses kecontrol panel website Anda ketika Anda membeli layanan web hosting.
  • Amankan website Anda dengan Sertifikat SSL. Hal ini hanya diperlukan untuk website yang memerlukan keamanan tingkat tinggi seperti di mana transaksi keuangan yang dilakukan atau di mana informasi sensitif seperti informasi kartu kredit yang diambil seperti website e-commerce. SSL membuat website Anda menjamin terhadap segala jenis penipuan atau malware. Meskipun sertifikat SSL dapat dibeli secara terpisah, Anda juga bisa membeli web hosting dengan fitur SSL. Namun dengan asumsi anda mungkin harus membayar harga yang lebih tinggi.

Itulah 5 hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli web hosting. Semoga bermanfaat.

Artikel ini ditulis oleh : Daryadi

SHARING
[TheChamp-Sharing]